Thursday, July 19, 2012

Pengertian/cara Flaw Out Service Greeting sampai Billing

               Flaw Out Service

1.Greeting (Salam) 
  Greeting adalah memberi salam kepada tamu restoran dengan mengatakan  ‘’ Selamat Pagi ,Selamat Siang maupun Selamat Malam ‘’ , ‘’Selamat Datang Di Restorant Kami’’ dengan ramah dan sopan kepada tamu ini akan membawa itikad baik restoran kepada tamu sehingga tamu nyaman di restoran.


2.Asked number Of Guests (Menyakan Jumlah Tamu)
  Asked number  of guests adalah menyakan jumlah tamu kita menyakan jumlah tamu restorant menanyakan sudah revervasi apa belum jika belum antarlah tamu ke meja restorant sesuai dengan jumlah tamu

3.Asked To Shit Where (Menyakan akan duduk di mana)
Sebelum mengantar tamu ke meja restorant jangan lupa mengatakan smoking or no  smoking kepada tamu sehingga tamu tau akan kebutuhan nya dan tidak mengganggu tamu restoran yang lainya.

4.Sitting The Guest (Mempersilahkan duduk untuk para tamu)
Setelah menyakan tamu akan duduk di mana kita mempersilahkan tamu duduk dengan mengeser kursi kepada tamu yang lebih tua atau yang di anggap penting terlebih dahulu.

5.Unfolding Nap In (Membukakan nap in untuk tamu)
Jika tamu sudah duduk dengan baik lalu kita membukakan nap in untuk tamu dan taruh di atas paha tamu dengan sopan , jangan semua tamu terlebih untuk tamu yang penting saja , biasanya tamu yang lain akan mengikuti untuk membuka nap in sendiri.

6.Provide Menu Card (Memberikan Kartu Menu)
 Setelah menaruh nap in kita memberikan kartu menu restorant lalu menunggu tamu hingga tamu ingin memesan apa jangan lupa repeat the order (Mengulang pesanan tamu) untuk menghindari terjadi kesalahan taking order.

7.Fouring Water (Menuangkan air ke gelas )
Jika para tamu sudah memesan  tuang lah air ke gelas / Water Goblet para tamu sesuai  yang di ajarkan berputarlah searah jarum jam dan jangan lupa memakai nap in waiters yang sudah di sediakan untuk mengeringkan atau me lap air yang menetes.

8.Served B&B (Menyajikan Roti )
Sajikan Bread and Butter  setelah Fouring water dari sebelah kanan searah jarum jam dengan memakai centong dan bread basket jangan lupa  berkatalah ‘’Permisi bapak atau ibu ’’

9.Adjustmen(Mengambil Caterelis Yang Tidak Perlu)
Adjustmen adalah mengambil caterelis yang tidak perlu atau yang tidak sesuai dengan menu 

10.Served Appetizer (Menyajikan hidangan Appetizer)
Jika hidangan appetizer sudah siap di hidangkan ,hidangkan lah dengan memakai tangan sebelah kanan jangan terlalu dekat dengan wajah tamu hidangkan lah dari sebelah kanan searah jarum jam

11.Clear Up Appetizer ( Membersihkan hidangan Appetizer)
Mengangkat piring kotor dengan memakai tangan kanan dan tangan kita tumpuan semua piring yang di angkat clear up juga berputar searah jarum jam

12.Served Soup (Menhidangkan Soup)
Menyajikan soup dari sebelah kanan tamu searah jarum jam

13.Clear Up Soup (Membersihkan Hidangan  Soup)
Mengangkat soup bowl yang kotor searah jarum jam dari sebelah kanan

14.Served Main Course (Menghidangkan Hidangan Utama)
Sajikan lah hidangan utama , utamakan lah tamu penting terlebih dahulu hidangkan lah dari sebelah kanan dan searah jarum jam

15.Clear Up Main Course ( Membersihkan Hidangan Utama )
Mengangkat piring kotor hidangan utama dengan tangan kanan dan kiri sebagai tumpuan piring lainya searah jarum jam

16.Crumging Down
Membersihkan Remah ( Clean Crumbs)
     Membersihkan remah remah makanan yang tertinggal dengan dessert plate dan nap in dengan 3 sapuan dari arah yang berbeda - beda . 
Clean The Salt and Pepper  (Membersihkan Garam dan Lada )
     Membersihkan / memindahkan garam dan lada  karena hidangan dessert mau di hidangkan
Clear Up B&B Plate (Membersihkan / memindahkan roti dan mentega)
    Memindahkan garam dan lada di side board karena hidangan dessert hendak di hidangkan
Move the tool to dessert (Memindahkan Alat Untuk Dessert)
    Memindahkan fork and dessert spoon tepat di atas tangan para tamu biasanya di sesuaikan sesuai menu dessert 

17.Served Dessert (Menghidangkan hidangan pencuci mulut)
Menghidangkan dessert juga melalui sebelah kanan tamu dan searah jarum jam

18.Clear up Dessert (Membersihkan Hidangan Pencuci Mulut)
 Mengangkat desser plate yang kotor  dengan tangan kanan dan kiri tumpuan nya dan searah jarum jam

19.Served Tea /Coffe (Menghidangkan teh atau kopi)
 Biasanya hidangan ini jarang di hidangkan, hidangkan lah sesuai served menu menu lain nya 

20.Billing (Pembayaran)
 Pembayaran  akan di lakukan bila tamu emang benar benar sudah selesai menikmati makanan tamu akan memanggil waiters yang sedang menunggu di belakang  dan waiters akan menemui tamu dan billing di lakukan


        Semoga Bermanfaat , :)

No comments:

Post a Comment